Minggu, 24 Januari 2010

4 Pertanyaan untuk Mengevaluasi Ide Bisnis Internet Anda

Banyak orang ingin jadi pebisnis internet. Kenapa?

Pertama, karena bisnis ini mudah dikontrol. Kapanpun dan dimanapun, anda bisa mengendalikan bisnis anda. Kedua, bisnis internet terus berkembang seiring meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Ketika pengguna internet semakin banyak, semakin banyak pula pembeli yang suka berbelanja di internet. Ketiga, bisnis internet bisa dimulai dengan langkah sederhana, seperti ikut program reseller yang tanpa perlu keluar modal besar.

Membahas kemudahan bisnis internet rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Banyaknya keunggulan bisnis internet itu juga yang membuat banyak orang tak sabar untuk terjun ke bisnis ini.

Biasanya, pertanyaan yang pertama kali muncul ketika seseorang berniat bisnis internet adalah: bisnis internet apa yang akan saya jalankan? Bisnis internet apa yang bisa menghasilkan uang melimpah?

Biasanya kemudian anda akan cari apa saja jenis bisnis di internet. Beberapa idenya pernah saya sampaikan di sini. Selanjutnya anda mulai memilih bisnis internet macam apa yang akan anda tekuni. Anda belajar dari para guru yang sudah terbukti berhasil di bisnis internet.

Dari ide bisnis yang sudah anda pilih, kadang ada yang kurang bagus. Sehingga ketika sudah di-ACTION-kan jarang mendatangkan sukses besar. Karena itu, untuk mengevaluasi ide bisnis internet yang sudah anda rancang, silakan jawab empat pertanyaan evaluasi ide bisnis internet anda.

1. Apakah bisnis anda nantinya memiliki sifat membantu orang lain menyelesaikan masalahnya?
2. Apakah anda tahu bagaimana cara mempromosikan bisnis internet anda?
3. Bagaimana potensi bisnis internet anda dalam 5-10 tahun mendatang?
4. Apakah calon pelanggan anda mau dan mampu membayar produk yang anda jual?

Empat poin ini dulu yang perlu anda jawab. Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting diajukan untuk mengevaluasi ide bisnis anda. Dengan demikian, anda bisa meraba seberapa besar keyakinan anda dengan ide tersebut. Kalau ada satu poin saja anda ragu-ragu menjawab, mungkin anda perlu mengubah ide bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar