Minggu, 24 Januari 2010

Bagaimana Mendapatkan Kepercayaan dari Calon Pembeli?

Kepercayaan itu vital dalam bisnis. Rasa percaya berkaitan dengan kemajuan bisnis internet anda. Makin tinggi kepercayaan konsumen, makin berkibar bisnis internet anda. Saya telah membuktikannya. Sejak blogging setahun lalu, profit bisnis internet saya meroket sampai 500 %. Bukti lengkapnya bisa anda baca di Rahasia Blogging.

Lantas bagaimana mendapatkan kepercayaan dari konsumen?

Konsumen akan percaya percaya jika anda memang layak dipercaya. Kemampuan atau keahlian anda menjadi pertimbangan di satu sisi. Di sisi lain yang mereka lihat adalah bukti. Seberapa jauh anda telah membuktikan kepakaran anda lewat hasil nyata.

Percuma saja anda menjelaskan panjang lebar kepada konsumen namun tak ada bukti yang anda sampaikan. Mereka akan sulit mempercayai anda. Seolah ada benteng yang memisahkan antara konsumen dengan anda.

Nah, tugas anda adalah merobohkan benteng tersebut. Alat pertahanan diri konsumen bisa anda taklukkan jika anda menerapkan langkah-langkah berikut. Yang saya sampaikan di sini hanyalah prinsip dasar. Anda bisa mengolah dan mengembangkannya dengan kreativitas anda. Juga berdasar pengalaman anda tentunya!

Silakan disimak cara mendapatkan kepercayaan konsumen berikut:

* Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang dibutuhkan target market mutlak harus anda miliki. Tanpa produk yang bernilai di mata pengunjung, tentu sulit mendapat kepercayaan mereka. Maka sebelum membuat produk, anda perlu tahu jenis informasi yang dibutuhkan target market anda. Untuk itu anda perlu melakukan riset pasar.
* Bukti. Beri bukti kalau produk anda itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang anda dapat. Juga sampaikan kesaksian dari orang-orang yang telah memperoleh manfaat produk anda.
“Kalau bagi yang baru terjun ke bisnis internet bagaimana menampilkan testimoni?” Tempo hari ada yang bertanya begitu. Jika memang belum ada testimoni dari konsumen, tentu tak perlu anda cantumkan. Cukup tampilkan hasil yang anda capai selama ini.
* Biarkan Prospek Menguji Anda. Jangan terlampau bernafsu anda langsung menghasilkan penjualan hanya dari satu kali follow up. Memang ada kalanya hal itu terjadi. Namun sering kali penjualan baru berhasil setelah beberapa kali follow up. Karena itu anda tak perlu kesal kalau prospek melontarkan banyak pertanyaan pada anda. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Agar mereka sungguh mempercayai anda. Kalau mereka percaya, yakin sajalah mereka tak akan lari kemana.
Saat menghadapi komplain pun anda tak perlu turun semangat. Seperti kata Mas Sumartono di sini, ada dua strategi alternatif besar terkait komplain.
* Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi anda dan calon pembeli berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Blog bisa menjadi senjata ampuh membangun dan memperlancar komunikasi bisnis anda. Lewat artikel, anda bisa berkomunikasi dengan konsumen dan memperteguh reputasi anda. Dengan berkomentar, blogwalking, trackback, dan lainnya anda bisa memperlancar proses komunikasi. Mengenai rahasia membangun blog sukses spektakuler dalam waktu sekejap bisa anda dapatkan di Rahasia Blogging.

Keempat cara di atas mungkin terlihat biasa saja dan sudah sering anda dengar. Tapi coba baca kembali, PAHAMI dan ACTION-kan. Hasilnya saya yakin akan berpengaruh telak terhadap bisnis internet anda.

Anda punya pengalaman soal meraih kepercayan konsumen? Atau mau menambahkan tips lainnya? Mari bagikan di sini agar rekan-rekan yang lain juga bisa belajar dari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar